Daftar BPJS online

Assalamualaikum wr,wb.          

            Pada penulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan bagaimana cara Daftar Bpjs Online , dengan pengalaman saya sejak setahun lalu pergi ke tempat BPJS di kota saya alangkah kagetnya saya dikarenakan sudah berjejer orang-orang yang mengantri di depan pintu masuk kantor BPJS meskipun pada saat itu pintu pagar kantor tersebut belum dibuka dan kondisi masih sangat pagi pukul 06:00 wib.

                   Dikarenakan saya orang yang tidak suka menunggu terlalu lama, saya memutuskan untuk pulang dan berniat untuk datang keesokan harinya lebih pagi lagi (entah habis subuh saya berangkat atau sejak habis sholat tahaju.,hehe.. berfikir dalam kepala saya). karena kondisi masih sangat pagi dan mall atau pertokan buku pun belum ada yang buka, saya memutuskan untuk main ke rumah teman tidak jauh dari lokasi kantor BPJS tersebut. Entah apa yang saya pikirkan pada saat itu, saya mencoba untuk browshing melalui handphone tentang persyaratan Daftar Bpjs Online. Saya menemukan website dari BPJS dan ternyata dapat mendaftar secara online pada website tersebut tanpa harus datang ke kantor BPJS ataupun antri sepagi mungkin.

               Keesokan harinya sepulang kuliah, saya memutuskan untuk mampir ke kfc untuk mendaftar bpjs secara online, karena disini saya bisa dapat wifi gratis plus tempat yang adeem nyamaan hehee. Berikut persyaratan yang harus kamu siapkan untuk menDaftar Bpjs Online :

Siapkan persyaratan berikut :

1. Kartu Keluarga/KK yang iingin di daftarkan (hal ini untuk melihat nomor KK nya saja)
2. Foto anggota keluarga yang ingin didaftarkan (dalam bentuk softcopy (tidak usah dicetak)satu orang dengan satu foto, yah seperti foto ktp saja seperti itu).
3. Buku Tabungan BANK (BRI/BNI/MANDIRI) (untuk melihat nomor rekening dan satu rekening untuk 1 keluarga).
4. Alamat E.mail (ini untuk mendapatkan nomor registrasi yang akan dikirimkan ke email kamu).
5. dan ini yang sangat penting. (Pastikan Komputer atau laptop atau hp kamu terhubung ke internet, kan daftarnya secara online hehehe..)

#Catatan: Mohon ma'af Data yang saya Hitamkan bersifat privasi.

Langkah Daftar Bpjs Online :

1. Buka alamat website BPJS online http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/ dan akan tampil halaman seperti ini:
2. Setelah tampil pada langkah nomor 1, jangan lupa untuk menceklis tanda yang saya lingkar merah kemudian klik pendaftaran untuk langkah selanjutnya. dan akan tampil halaman seperti berikut :


Jika sudah tampil seperti gambar nomor 2, maka anda diwajibkan untuk mengisikan nomor Kartu Keluarga (yang ingin di daftarkan bpjs), Ingat!! agar anda dapat memasukan nomor KK pastikan ceklis kotak seperti yang saya lingkarkan pada gambar. Untuk keterangan PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH adalah anda mendaftarkan bpjs secara perorangan bukan dari pihak perusahaan/instansi lainnya.


nomor satu: anda mengisi nomor kartu keluarga yang terdiri dari 14 digit angka, nomor dua: anda mengisikan kembali kode ferifikasi dan nomor tiga: silakan klik Inquery Kartu Keluarga. Jika proses masih mendapatkan masalah coba ulangi dan cek nomor kartu keluarga sudah sesuai atau belum. (saran saya untuk mendaftar bpjs melalui online, daftarkan pada saat bukan jam sibuk atau jam kerja, lebih baiknya malam hari atau subuh pagi, dikarenakan server website tidak banyak yang menggunakan pada jam seperti itu).

3. Jika proses lancar dan anda sudah mengklik Inquery Kartu Keluarga, Maka akan tampil nama nama kartu keluarga seperti tampilan berikut:

Jika sudah tampil, maka klik proses selanjutnya.


Kemudian akan tampil halaman berikut, dan anda wajib mengisikan sesuai dengan data diri anda, Isikan data diri dengan benar karena hal ini nantinya akan menjadi data bpjs anda dan jika terjadi masalah anda mudah untuk mengKlaim nya.


4. Pada pengisian untuk bagian Kelurahan/desa Dan pemilihan Faskes, tidak dapat diisi secara manual, anda harus mengklik simbol hitam yang saya lingkarkan.


Kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini, dan anda pilih sesuai dengan daerah Anda dan Faskes yang anda pilih.


Untuk pengisian faskes Seperti pada gambar dibawah ini,


Jika sudah selesai, maka anda harus mengUpload foto yang sudah disiapkan, (foto ini digunakan untuk data diri si-pemegang kartu BPJS) seperti gambar dibawah ini,


Jika foto sudah ter-upload klik proses selanjutnya dan Ulangi pengisian data untuk anggota keluarga selanjutnya. Setelah semua tahap pengisian data selesai, akan tampil halaman baru untuk pengisian Tingkat Kelas BPJS. seperti gambar dibawah ini:


Isikan langkah-langkah yang saya lingkarkan dengan sebenar benarnya, untuk biaya Tingkat BPJS berbeda beda Biaya dan setiap kelas yang anda pilih. setelah semua selesai .Maka klik Kirim E-mail dan cek email anda, akan ada pesan masuk dari Admin BPJS mengirimkan link untuk mengaktifasi pendaftaran BPJS anda.


Cek Pesan masuk pada email anda, lalu buka email tersebut dan akan ada link aktifasi, kemudian klik link tersebut,



Kemudian anda akan masuk pada halaman website seperti berikut, dan anda akan mendapatkan nomor registrasi,seperti terlihat pada gambar dibawah, lalu untuk mengaktifasi anda harus mengisi kode ferivikasi kemudian klik Aktifasi untuk mendapatkan Virtual Acount yang nantinya digunakan untuk pembayaran Awal BPJS,

Akan tampil dan anda dapat mengunduh file pfd Virtual Acount, kemudian anda dapat Bayarkan pada Bank terdekat (BNI,BRI atau MANDIRI). (per Tahun 2014 pembayaran BPJS melalui online baru dapat dibayarkan 14 hari kerja paling cepat, dan 30hari kalender paling lambat, setelah pendaftaran pada website BPJS.


Setelah pembayaran selesai, maka cek kembali email anda unttuk masuk ke link yang sebelumnya diterima, buka link tesebut kemudian akan tampil halaman website seperti berikut,


Anda akan mendapatkan file pdf Kartu BPJS ,silahkan untuh dan dapat anda cetak dan selesai.




            Terimakasi untuk perhatian anda semua, semoga Artikel saya ini bermanfaat dan mudah untuk dipraktikan. Hal ini saya buat dikarenakan masih terlalu rumitnya Birokrasi yang ada, dan kurangnya masyarakat untuk membuka mata dan pikiran untuk mencoba hal yang baru. 


               Perkembangan Teknologi seharusnya mempermudah kita, Bukan membuat kita Malas ataupun buta dengan perkembangan zaman.
Salam semangat~ Wassalamualaikum wr,wb. 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Merchandise

Studi Kasus (kesulitan Belajar pada anak usia dini)