Tanaman Kamboja Bali

Kamboja atau semboja adalah sekelompok tumbuhan dalam genus Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harumnya sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. 

Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Jenis akarnya serabut dan tekstur bunganya tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus.

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Prancis. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kamboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. 

Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kamboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kamboja dapat diperbanyak dengan mudah, melalui stek batang.

Plumeria saat ini populer digunakan sebagai tanaman hias outdoor awalnya tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman kuburan.




1. Plumeria Alba

Plumeria alba yang berasal dari genus plumeria. Pohon kamboja ini dapat tumbuh mencapai tujuh meter dengan dahan dan batang daun yang berukuran kecil, ciri khas dari jenis ini adalah bunganya yang berwarna putih dengan warna kuning pada bagian tengah. Jenis bunga plumeria alba berasal dari daerah di Amerika Tengah, yakni Puerto Rico.

2. Plumeria Obtusa

Jenis bunga kamboja berikutnya adalah plumeria obtusa atau Singapore Graveyard Flower, ciri khas dari jenis bunga ini adalah kelopak daun yang melengkung keluar dan ukurannya yang tergolong kecil.

3. Plumeria Pudica

Plumeria pudica merupakan salah satu jenis tanaman yang paling mudah dikenali karena ukuran bunganya yang besar, pohonnya tumbuh tidak terlalu tinggi dengan bunga yang berwarna putih dan kemerahan. Jenis plumeria pudica berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yakni berasal dari Panama, Venezuela, dan Kolombia.

4. Plumeria Rubra

Merupakan jenis kamboja yang memiliki ukuran pohon cukup tinggi, yakni 8 meter.Warna bunga jenis tanaman ini juga cukup beragam, mulai dari warna putih dan kuning hingga merah muda dan kuning.

5. Adenium Obesum

Jenis bunga yang dikenal sebagai desert rose atau karoo rose ini sering ditemukan di daerah timur Afrika, meski berasal dari benua Afrika, hingga saat ini bunga kamboja adenium obesum dapat ditemui dengan mudah di Indonesia.

6. Adenium Multiflorum

Jenis adenium multiflorum memiliki bentuk paling unik dibandingkan jenis lainnya, yakni memiliki bentuk yang menyerupai bintang dengan warna merah tua, putih, dan merah cerah.

7. Adenium Swazicum

Dari semua jenis bunga kamboja, jenis adenium swazicum merupakan jenis yang paling mudah dibudidayakan. Namun, tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat hingga dapat berbunga. Warna bunganya yang cantik, yaitu merah muda cerah dan ungu, membuat tanaman ini sangat cantik disimpan di halaman rumah.




Sumber : https://www.ngopibareng.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Usaha Merchandise

Studi Kasus (kesulitan Belajar pada anak usia dini)